Powered By Blogger

Kamis, 29 November 2012

Inilah Penemu Yang Sudah Terlupakan



Menurut seorang pembicara terbaik, ada seorang penemu yang sudah lama terlupakan, dan penemu yang terlupakan itu banyak sekali memberi perubahan sampai sekarang. Dan ternyata penemu yang terlupakan memang ada, namanya adalah Ziryab. Memang namanya banyak yang belum tahu, tetapi sesungguhnya ia termasuk penemu dan seniman hebat sekaliber Leonardo da Vinci.

Ziryab (789-857 AD) atau dengan nama arabnya yaitu Abu I-Hasan 'Ali Ibn Nafi' adalah seorang polymath dari Persia. Polymath adalah seorang yang pengetahuannya tidak terbatas hanya pada satu bidang saja. Ziryab merupakan seorang mantan budak yang kemudian menjadi ahli di berbagai macam bidang sebagai musisi, penyanyi, perancang busana, penemu, botanis, dan banyak lagi.

Di era modern sekarang ini, banyak hal lazim yang kita lakukan yang bersumber dari "revolusi" yang sudah dilakukan oleh Ziryab ini, diantaranya adalah.

1. Ziryab sudah memperkenalkan cara makan dalam sajian resmi: soup, hidangan utama, dan hidangan penutup.

2. Gelas kristal merupakan hasil penemuan Zyrab. Sebelumnya orang pada zaman itu banyak memakai gelas dari logan atau tembikar.

3. Dalam dunia fashion, Zyrab membawa perubahan gaya pakaian. Ketika musim dingin tiba, Ziryab merancang pakaian yang berbahan katun hangat dan wool. Jadi intinya, Ziryab membuat orang memakai pakaian sesuai dengan musim.

4.  Gaya rambut pendek untuk seorang pria dan mencukur jenggotnya juga dipopulerkan oleh Ziyrab.

5. Ziryab juga mempromosikan mandi sebanyak dua kali.

6. Ziryab menemukan pasta gigi sama seperti yang kita gunakan saat ini.

7. Dia juga menemukan deodoran lho.

Nah itu dia penemu yang terlupakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar