Powered By Blogger

Senin, 29 Oktober 2012

Fakta Unik Tentang Lukisan Mona Lisa



Kalian pernah dengar ga tentang lukisan monalisa? Mungkin pas kalian lagi jalan-jalan naik mobil fortuner SUV terbaik, terus ngeliat ada lukisan itu di berita, berarti kalian tahu sedikit tentang lukisan itu.

Mona Lisa adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini merupakan salah satu dari lukisan yang paling terkenal di dunia. Lukisan ini dimiliki pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musee du Louvre di Paris.

Nah selain informasi tersebut, berikut ini ada beberapa fakta tentang lukisan ini.

1. Lukisan ini lebih dikenal dengan Mona Lisa dimana ini merupakan kesalahan dari pengejaan nama yang sebenarnya yaitu Monna Lisa yang dalam bahasa Italia berarti My Lady atau wanitaku.

2. Beberapa orang mengatakan jika lukisan Mona Lisa adalah diri Davinci sendiri dalam bentuk wanita. Tapi berdasarkan teori lukisan ini merupakan Lisa Gherardini seorang wanita yang lahir pada tahun 1479 yang berusia sekitar 24 tahun.

3. Belum lama ini ditemukan lukisan yang cacat, itu karena pada tahun 1956 seorang pria yang bernama Ugo Ungaza melempar batu dan mengenai bagian siku kirinya sehingga timbul goresan dan cat jadi rusak.

4. Lukisan ini pernah dicuri oleh karyawan pada tahun 1911 dan ditemukan kembali 2 tahun berikutnya.

5. Lukisan ini disimpan dan dilindungi oleh kaca anti peluru.

Nah itu merupakan beberapa fakta nyata tentang lukisan Mona Lisa ini. Tentu saja masih banyak lagi fakta-fakta tentang lukisan ini, selain itu masih banyak misteri yang belum terungkap juga. Semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar