Powered By Blogger

Rabu, 16 Januari 2013

Tips Mengendarai Mobil Di Jalan Tol



Ketika kalian sedang belajar olahraga di pinggir jalan, sebaiknya kalian hati-hati, karena banyak pengendara mobil yang sering ngebut karena sesuatu hal. Misalkan saja ketika dijalan tol, pasti mereka ngebut. Padahal tingkat kecelakaan di jalan tol tidak rendah, dan bahkan terbilang tinggi. Selain itu biasanya akan parah sekali. Nah, bagi kalian yang sering mengendarai mobil dijalan tol, perhatikan beberapa tips dibawah ini.

1. Pastikan pada saat kalian mengemudi, kalian dalam keadaan sehat.

2. Jika mengantuk, sebaiknya jangan menyetir.

3. Pastikan jika mobil kalian dalam keadaan baik-baik saja dan siap pakai. Perhatikan juga kualitas ban kalian.

4. Pastikan lampu sein kalian dalam keadaan bagus dan rem tidak rusak.

5. Gunakan sabuk pengaman pada saat mengemudi dan periksa kaca spion agar sesuai dengan pandangan. Pada saat mengemudi, jangan terlalu sering mengobrol. Mengobrol boleh saja untuk menghilangkan rasa kantuk. Dan juga jangan merokok.

6. Ketika ingin menyalip mobil dari sebelah kanan, perhatikan mobil yang berada dibelakang kita. Minimal jarak itu 10-20 meter. Tetapi ketika mobil dibelakang kita memberikan lampu dim, itu berarti kita dilarang untuk menyalip, biarkan mereka lewat dahulu. Jangan lupa berikan lampu sein ketika menyalip kendaraan.

7. Perhatikan kecepatan pada saat sedang berada di jalan tol. Jika berada disebelah kiri, kecepatan terendah adalah 60-80 km/jam. Jika berada dijalur kanan, kecepatan terendah adalah 120 km/jam.

8. Jarak mobil paling ideal antara mobil yang satu dengan yand di depan atau di belakang adalah 10-20 meter.

9. Ketika ingin mengerem, pastikan jarak mobil kalian aman dengan mobil di depan kalian.

10. Ketika mobil kalian tiba-tiba mengalami gangguan, pengemudi dilarang untuk panik. Lalu segera pinggirkan mobil kalian secara perlahan dengan memberi lampu sein. Setelah berhenti, segera nyalakan lampu hazar.

Itu dia tips-tips, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar