Powered By Blogger

Minggu, 06 Januari 2013

Burung Ternyata Tidak Bisa Melihat Kabel



Jika kita memelihara burung, pasti kita ingin agar burung kita sehat alami dong, supaya suaranya bagus dan aktif berkicau. Ternyata, burung sering menabrak saluran listrik karena mereka memiliki bintik-bintik buta di bidang penglihatannya lho. Itu pun menurut sebuah penelitian baru.

Para ahli menemukan bahwa burung crane, bustards dan bangau tidak bisa melihat rintangan yang lurus di depannya, ketika mereka memiringkan kepala ke bawah pada saat terbang. Burung sering sekali melihat ke arah bawah selama penerbangan untuk menemukan burung yang lain, serta daerah bersarang dan makanan, kata para peneliti tersebut.

Bukti baru itu juga menunjukkan bahwa masalah itu tidak bisa dicegah dengan mengubah bentuk salurang listrik. Jutaan burung tewas menabrak tiang listrik secara global setiap tahunnya. Statistik yang sudah pasti sulit diperoleh karena sisa-sisa burung sering musnah sebelum penyebab kematian bisa diketahui.

Sekalipun upaya untuk membuat jaringan listrik lebih terlihat melalui penggunaan pemantul dan tanda agar makin terlihat, beberapa spesies tertentu masih memiliki tingkat kematian yang tinggi dari menabrak saluran listrik.

Para ilmuwan dari Pusat Ornitologi di Universitas Birmingham Inggris yang mempelajari tiga spesies terutama yang terkena dampak bustards kori, crane biru, dan bangau putih. Penemuan mereka juga dipublikasikan dalam jurnal Biological Conservation yang mengidentifikasi bahwa spesies ini juga sama-sama memiliki daerah buta yang signifikan di bagian depan kepala mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar