Powered By Blogger

Kamis, 03 Januari 2013

Mengapa Burung Merpati Dijadikan Simbol Perdamaian??



Banyak sekali jasa-jasa yang menggunakan logo atau simbol-simbol unik untuk perusahaannya, misalkan saja ada jasa SEO yang menggunakan simbol huruf-huruf atau ada juga yang menggunakan simbol burung merpati. Sebenarnya logo atau simbol itu memiliki arti tersendiri. Sama seperti simbol burung merpati yang menjadi simbol perdamaian.

Mungkin di antara kita sudah banyak sekali yang tahu bahwa kita sering melihat burung merpati di hari-hari yang berhubungan kasih sayang dan perdamaian, misalkan saja di surat undangan pernikahan. Lantas, mengapa burung merpati dipilih meniad simbol itu??

Ada banyak sekali alasan soal yang satu ini, setiap pendapat tentu saja memiliki pandangan yang berbeda-beda, berikut ini beberapa pandangan menurut mereka soal simbol burung merpati.

1. Burung merpati merupakan burung yang pertama kalin dilepaskan dari bahtera pada saat banjir besar di jaman Nabi Nuh. Burung merpati juga disimbolkan sebagai roh kudus pada saat Yesus dibaptis, seperti yang tertulis dalam kitab Injil.

2. Burung merpati dipilih mewakili cinta karena mitologi Yunani yang terkait burung kecil putih bersama Aphrodite, sang dewi cinta. Aphrodite/Venus memang sering digambarkan bersama merpati yang beterbangan di sekitarnya atau beristirahat di tangannya.

3. Selain itu sebenarnya burung merpati merupakan simbol perdamaian dan juga panjang umur sejak jaman Cina Kuno. Demikian juga orang Mesir yang memakai burung merpati sebagai sebuah tandan ketenangan.

Memang sih, bila kita amati burung ini, banyak hal yang menguatkan alasan kenapa dipilih menjadi simbol perdamaian. Merpati tidak suka membunuh pada saat sedang mencari makan, merpati juga tidak melawan saat diserang pemangsa dan lebih baik melarikan diri. Merpati juga burung yang romantis. Pada saat sang jantan berlalu-lalu memberikan pujian, sementara sang betina akan tertunduk malu. Pokoknya masih banyak lagi kebaikan dari burung merpati ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar