Powered By Blogger

Selasa, 22 Januari 2013

Pohon Palem Bisa Berpindah Sendiri



Mungkin negara bagian Amerika Selatan terkenal banyak orang yang suka main bola. Tetapi di hutan hujan tropis Amerika Selatan ada sejenis pohon palem yang bisa bergeser dari tempatnya semula. Socratea exorrhiza atau biasa sering disebut dengan Walking Palm.

Tumbuhan ini dinamakan Walking Palm karena bisa "berjalan", tentunya bukan seperti pohon raksasa Ent yang terdapat dalam film The Lord of The Rings. Tapi emang beneran bisa pindah tempat sendiri.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena rupanya pergerakan akar yang mengikuti arah cahaya matahari. Akar yang tidak mendapatkan sinar matahari akan mati dan kemudian akan digantikan dengan akar yang baru. Bentuk akarnya akan muncul dari bagian batang seolah tentakel gurita.

Di tahun 1961 sebuah fakta baru mengenai tanaman ini ditemukan oleh para ahli. Pohon jenis ini tumbang karena ditimpa pohon lainnya, tapi beberapa hari kemudian tumbuh akar yang baru di sekitar akar yang lama.



Menurut para peneliti, dalam waktu 1 tahun, pohon yang bisa tumbuh sampai 25 meter ini bisa bergeser dari tempatnya semula sejauh 1 meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar