Powered By Blogger

Senin, 19 Maret 2012

Tips Memilih Helm Motor Dengan Tepat


Bagi pengendara motor, menggunakan helm merupakan sebuah kewajiban demi keselamatan, terutama kepala Anda. Hal ini sesuai dengan UU Lalu Lintas No.22 tahun 2009, yang berisikan helm adalah perangkat wajib yang harus menyertai pengendara sepeda motor saat berkendara di jalan raya.


Jika tidak menggunakan helm, maka sesuai pasal yang ada di UU tersebut sanksinya bisa dikurung satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,-. Mendapat denda yang besar tentu sangat tidak mengenakkan. Karena itu, jangan lupa untuk selalu mengenakan helm ketika bepergian dengan sepeda motor.

Di Indonesia ada dua jenis helm motor yang beredar, pertama helm full-face. Untuk helm jenis ini perlindungan yang diberikan adalah seluruh bagian kepala, dari mulai permukaan wajah, seluruh bagian kepala belakang hingga dagu. Helm full-face tidak memberikan proteksi optimal terhadap leher.

Kedua, helm half-face (3/4). Perlindungan yang diberikan helm jenis ini adalah hampir sama dengan helm full-face, namun tidak memberikan proteksi maksimal untuk bagian wajah dan dagu. Jika menggunakan helm jenis ini, sebaiknya menggunakan goggles atau kacamata jika helm tersebut tidak dilengkapi kaca pelindung demi menjaga keselamatan Anda lebih nyaman.

Memiliki helm full-face atau half-face tergantung selera. Namun, yang terpenting bahan dari kedua jenis helm tersebut sudah memenuhi standar safety riding.

Nah berikut Tips Memilih Helm Motor Dengan Tepat, sehingga hati Anda merasa nyaman dan tidak kecewa setelah membelinya :

  • Pilihlah helm yang telah berlabel stiker DOT, artinya helm tersebut telah memenuhi Safety Test Standard yang dilakukan oleh suatu lembaga resmi untuk pengujian Helm.
  • Jangan menggunakan helm ‘cetok’, karena helm seperti ini tidak akan dapat melindungi kepala pada saat terjadi kecelakaan.
  • Jika helm tersebut dilengkapi kaca, maka pilihlah kaca pelindung helm yang dapat melindungi mata, serta dapat memberikan keleluasaan dalam pandangan.
  • Baiknya memilih helm yang mempunyai kaca pelindung transparan (tidak berwarna hitam), karena sangat berbahaya bila digunakan pada saat malam hari.
  • Agar saat digunakan nyaman, maka pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala.
  • Pilihlah helm yang berventilasi dan sejuk. Ini diperlukan agar kepala pengguna tidak panas saat mengenakannya di siang hari bolong.
  • Jangan menggunakan helm yang pernah terbentur. Karena helm tersebut tidak memiliki perlindungan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar