Powered By Blogger

Rabu, 21 Maret 2012

Rahasia Mengubah Kebiasaan Buruk

Dapat dipastikan tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan diri Anda sendiri. Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk di dalam hidupnya. Seperti contohnya, suka mara-marah, mengeluh, malas atau juga selalu merasa sombong dan angkuh. Tetapi, kebiasaan buruk bukannya tidak bisa dihilangkan. Pada dasarnya, semua kebiasaan buruk bisa dihentikan, baik itu berat maupun kebiasaan buruk yag ringan.

Kebiasaan adalah perilaku otomatis yang bisa kamu ubah dengan kesabaran dan sikap yang sungguh-sungguh. Namun, tentu pada pelaksanaannya, kita bakal mengalami bermacam-macam hambatan dari lingkungan, teman, kerabat, keluarga atau yang lainnya.

Seperti contoh kebiasaan seseorang, Saat ini banyak orang merasa susah mengatur keuangan dengan baik, misalnya Anda ingin membeli handphone baru yang sangat canggih, padalah Anda sudah punya handphone yang cukup canggih. Akhirnya karena nafsu Anda berlebih-lebihan akibatnya uang Anda terpakai akibat nafsu yang tinggi terhadap nilai suatu barang tersebut.  Nah hal itu semua adalah alat penguji terhadap kita, apakah kita konsisten dengan niat baik kita atau kita lemah di tengah perjalanan. Ingat, jangan pernah terprovokasi oleh gangguan di kanan-kiri kita yang akan membuat kita semakin sulit untuk menunjukkan perubahan.

Nah berikut ini kami akan memberikan penjelasan yang bermanfaat tentang Rahasia Mengubah Kebiasaan Buruk dalam hidup, yaitu :
  1. Komitmen yang sangat kuat
    Agar berhasil mengubah kebiasaan yang buruk, kamu tentunya wajib memiliki komitmen yang kuat. Karenanya, kamu butuh niat dan keikhlasan untuk melakukan perubahan kebiasaan buruk itu.
  2. Membuat catatan
    Buatlah catatan setiap kali kamu mengulangi kebiasaan buruk tersebut. Lalu, gambarkan juga perasaan kamu saat itu dan apa yang kamu pikirkan. Dengan menuliskannya, kamu bisa tahu kapan saja dan mengapa kamu memiliki kebiasaan buruk ini.
  3. Renungkan
    Setelah menuliskannya, coba renungkan apa yang telah kamu lakukan itu. Manfaat serta pengaruh kebiasaan buruk itu terhadap diri kamu? Apakah ini merupakan cara kamu menghilangkan kebosanan, kegelisahan, stres, atau kemarahan?
  4. Berjaga-jaga
    Segera hentikan ketika kamu tersadar bahwa godaan untuk melakukan kebiasaan buruk sangatlah kuat. Mulailah melakukan perilaku alternatif yang sudah kamu tuliskan sebelumnya.
  5. Lakukan perlahan-lahan
    Bukannya tidak percaya, namun waktunya tidak akan secepat yang anda inginkan jika Anda benar-benar mau mengubah kebiasaan buruk. Kalaupun bisa, kamu sendiri akan merasa tersiksa dan ingin balas dendam. Lakukanlah perlahan-lahan, misalnya selama satu minggu, baru kemudian ditingkatkan pada minggu berikutnya. Semakin kamu sering melakukan kebiasaan baru yang baik, semakin cepat kebiasaan baik itu menggantikan kebiasaan buruk kamu terdahulu.
  6. Minta bantuan orang lain
    Kamu pasti butuh bantuan orang lain! Untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik sangat sulit untuk dilakukan sendiri. Orang lain bisa menjadi tempat bagi kamu untuk meminta saran dan nasehat.

Mengubah kebiasaan buruk adalah sesuatu yang sangat terpuji karena apa yang kamu lakukan ini adalah demi kebaikan kamu sendiri. Tentunya akan sangat menyenangkan jika kita bisa mengubah kebiasaan buruk dan berteman dengan kebaikan.

Sekian beberpaa point penting yang saya berikan untuk Anda, semoga bisa Anda terapkan didalam kehidupan Anda. Salam dahsyat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar