Powered By Blogger

Rabu, 25 Juli 2012

Makanan Sehat Ibu Hamil


Kehamilan merupakan hal yang terpenting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan agar bayi Anda didalam kandungan sehat dan juga terlahir dengan normal. Pola makan yang sehat harus diperhatikan sekali bagi Ibu-Ibu yang sedang hamil

Apalagi pada usia kehamilan muda pada masa triwulan pertama. Kondisi dan kestabilan kesehatan baik secara fisik ibu hamil, bayi dalam kandungan juga emosi yang nyaman bagi ibu dalam masa kehamilan.

Pada umumnya, kehamilan pertama akan disertai dengan adanya rasa mual dan ingin muntah, Ini akan semakin menambah menurunnya kondisi kesehatan ibu hamil. Ini bisa diatasi dengan cara sehat dengan mengatur pola makan Anda. Betapapun rasa mual itu terasa, ibu hamil harus tetap mendapat asupan makanan yang bergizi. Karena akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan janin dalam kandungan.

Dan beberapa makanan sehat ibu hamil menurut jenis kandungannya adalah sebagai berikut.

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat
    Makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa didapatkan dari bahan nasi, jagung, mie, roti, ubi dan kentang. Seorang wanita hamil memerlukan karbohidrat untuk kesehatan dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Sehingga karbohidrat Anda tercukupi sehingga janin didalam kandungan Anda lebih terjaga.
  2. Makanan yang mengandung zat besi
    Makanan yang mengandung zat besi bisa Anda dapatkan dar sayuran hijau dan daging segar. Zat besi ini sangat diperlukan plasenta dalam kandungan. Melalui plasenta ini bayi dalam kandungan akan mendapatlan zat-zat gizi dan oksigen. Juga sebagai persiapan dalam proses melahirkan, yang akan banyak kehilangan banyak darah.
  3.  Makanan yang mengandung Protein
    Untuk mengganti sel-sel mati pada tubuh ibu hamil dan juga membentuk pertumbuhan janin dalam kandungan, tubuh sangat memerlukan banyak protein. Pada ibu hamil kebutuhan akan asupan protein meningkat menjadi 12gr untuk tiap kilogram berat tubuh. Sedang dalam kondisi normal, tidak sedang hamil, memerlukan 1 gr protein untuk tiap kg berat tubuh. Makanan yang mengandung bisa didapat dari tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, ikan dan juga daging.
  4. Makanan yang mengandung Vitamin
    Pada ibu hamil juga sangat banyak membutuhkan asupan makanan yang banyak mengandung semua unsur multi vitamin. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin bisa dengan mudah didapat, seperti semua jenis sayuran hijau, buah segar, dan berbagai jenis lauk dari hewani maupun nabati.
  5. Air
    Pada masa kehamilan, ibu hamil akan banyak membutuhkan lebih banyak asupan air kedalam tubuh. Karena saat terjadi kehamilan tubuh Anda akan mudah mengeluarkan keringat dan  juga Anda akan mudah mengeluarkan cairan. Untuk itu agar Anda tidak kekurangan cairan diperlukan minuk air yang cukup, sehingga kehamilan Anda akan terus terjaga. Tapi perlu Anda ingat jika setelah minum air perut Anda terasa mual bisa digantikan dengan buah yang dibuat jus, lebih segar dan tidak terasa hambar.
Nah berikut beberapa hal yang mungkin bisa Anda ikuti, Semoga bermanfaat dan bisa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar