Powered By Blogger

Jumat, 13 April 2012

Tips Dan Trik Aman Bermain Saham

Membeli saham berarti berinvestasi. Sebuah investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan dibutuhkan pemahaman tentang cara bermain aman yang bisa mencegah Anda dari kerugian. Mungkin yang namanya bisnis memang tidak selalu menguntungkan tapi paling tidak Anda berusaha untuk terus mendapatkan keuntungan. Saham memang salah satu peluang usaha yang sangat menguntungkan saat ini.

Bagi Anda pemula dalam bermain saham, Ada dua hal utama untuk berinvestasi dalam saham, yakni mempelajari analisa fundamental dan analisa teknikal. Dua jenis pendekatan yang perlu Anda kuasai jika Anda ingin berhasil dalam investasi saham Anda.

Gampang dan sederhananya berikut beberapa tips dan trik aman bermain saham yang bisa membantu Anda terhindar dari kerugian dan mudah-mudahan juga kebangkrutan.
  1. Melihat dengan cermat latar belakang, karakteristik, serta nilai – nilai perusahaan itu sendiri yang lebih dikenal dengan sebutan analisa fundamental. Dalam analisis fundamental, yang dijadikan dasar perkiraan harga (intrinsic value) adalah faktor-faktor fundamental seperti laporan keuangan, informasi penting lain yang sewaktu-waktu harus diumumkan perusahaan publik dan perkembangan ekonomi makro, mau pun berita dalam bidang-bidang lain seperti politik, sosial, cuaca, dsb-nya yang dianggap perlu, semuanya selama paling tidak dua tahun terakhir.
  2. Jangan mudah percaya pada data-data keuangan yang belum diaudit atau belum di sahkan Bapepam. Indonesia adalalah salah satu emerging market, dan karakteristik utama dari pasar seperti ini adalah beredarnya data yang unreliable. Hati-hati dan tetap konservatif.
  3. Cobalah memulai dengan mengoleksi saham-saham blue chip yang harganya anjlok akibat sentimen right issue. Biasanya, dalam waktu yang tidak terlalu lama harganya segera terkoreksi dan merangkak naik. Return saham-saham blue chip biasanya average, tapi cukup layak untuk dipegang dalam jangka waktu lama.
  4. Lakukan aksi yang sama yang sering dilakukan oleh para bandar. Bermain sedikit dengan saham gorengan. Saham ini biasanya tidak banyak pereredarannya sehingga mudah dikatrol dan dipermainkan harganya
  5. Lakukan analisa teknikal. Semua analis saham profesional menggunakan konsep analisa teknikal untuk mengetahui pola pergerakan harga saham di pasar dari formasi grafik yang terbentuk oleh pergerakan harga yang terjadi. Anda perlu tahu bahwa analisa teknikal sendiri terbagi menjadi dua bagian besar, yakni analisa teknikal klasik dan analisa teknikal modern.
  6. Disiplin. Tetapkan batas atas dan batas bawah. Misalnya, 33% di atas dan 5% di bawah. Taati aturan itu dan jangan sekali-kali mengikuti nafsu dan emosi Anda. Kalau Anda berani mengambil resiko, tidak apa-apa tanpa cut loss, kecuali 1) Anda pakai margin, 2) harga saham sudah tergolong tinggi, dan 3) ketika Anda masuk, harga atau tren berbalik arah.
  7. Belajar fundamental ekonomi global dan emiten tertentu adalah suatu keharusan.
  8. Mohon bimbingan yang di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar