Powered By Blogger

Selasa, 24 April 2012

Pengguna Bahasa Mandarin Semakin Meningkat



Lajunya pertumbuhan perekonomian Cina sejak tahun 1990 hingga sekatrang telah menjadikan Cina sebagai kekuatan perekonomian baru dunia. Geliat perekonomian Amerika Serikat dan negara-negara Eropa bahkan kini sudah kalah laju dibanding negara tirai bambu tersebut. Pertumbuhan ekonomi Cina rata-rata di atas 9 persen pertahun. Populasi warga keturunan Cina di seluruh dunia yang mencapai 1,9 miliar orang, telah menyulap Bahasa Mandarin menjadi bahasa bisnis yang strategis di dunia internasional.

Alhasil, Bahasa Mandarin kini menjadi bahasa Internasional kedua setelah Bahasa Inggris. Bahasa Mandarin digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan penguasaan terhadap Bahasa Mandarin sering diidentikan dengan makin cerahnya prospek karir seseorang terutama bagi mereka yang hendak terjun dalam dunia bisnis. Realitas ini juga terjadi di Kepri. Kegiatan perekonomian di Batam, Tanjungpinang, Karimun dan lainnya dikuasai oleh warga Tionghoa. Dalam menjalankan bisnis umumnya mereka menggunakan Bahasa Mandarin.

Berdasarkan data dari Forum Internasional Bahasa Mandarin di Shanghai disebutkan bahwa kini ada lebih dari 2.027 universitas dari 85 negara di seluruh dunia yang menawarkan kursus bahasa Mandarin. Peningkatan penawaran ini terutama dipicu oleh keberhasilan Cina dalam mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade dan keberhasilan dalam masuknya Cina menjadi anggota WTO.

Data statistik dari forum yang sama juga menyebutkan bahwa ada sekitar 25 juta orang yang berminat mempelajari Bahasa Mandarin dan 60.000 orang di antaranya datang ke Cina khusus untuk mempelajari Bahasa Mandarin secara lebih baik.

Negara cina memang memasng negara maju di Asia dengan jumlah penduduk yang sangat banyak dan perdagangan yang sangat tinggi, kini cina menjadi slaah satu pusat perdagangan terbesar di dunia.

Jadi bagi Anda yang ingin sukses dalam segala bidang karir, marilah belajar bahasa mandarin dimulai sejak dini atau sekarang sebelum terlambat, karena jika Anda sudah mengerti bahasa tersebut, apapun profesi Anda jika Anda mengerti bahasa mandarin, Anda akan mudah sekali diterima di perusahaan terbesar dan ternama. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar