Rabu, 26 September 2012

Fakta Tentang Jangkrik




Hai teman-teman semuanya.. kalian semua pasti tau dong serangga yang bernama jangkrik. Jangkrik biasanya dijadikan sebagai makanan untuk burung, atau bahkan ada juga jangkrik yang dijadikan aduan. Dan sekarang ini banyak iklan facebook yang menampilkan tentang jangkrik. Bahkan disekolah-sekolahku dulu, jangkrik dijual untuk di jadiin peliharaan, aneh-aneh saja yah. Dan yang lebih anehnya lagi aku juga beli itu jangkrik..hehehe.

Nah teman-teman, suara jangkrik itu tercipta dari gesekan yang terjadi antara sayap dengan beberapa bagian tubuhnya yang lain. Suaranya sangatlah khas dan sangat terdengar jelas ketika lingkungan itu tidak terlalu bising.

Nah berikut ada beberapa fakta unik tentang jangkrik.

1. Dapat Mengukur Suhu Udara
Biasanya orang mengukur suhu udara dengan menggunakan termometer. Nah jangkrik juga bisa mengukur suhu udara lho. Terus bagaimana caranya? Semakin kenceng suara jangkrik, maka suhu ditempat itu semakin panas. Nah ada juga lho cara untuk mengukur suhu tersebut. Hitung jumlah bunyi jangkrik dalam 25 detik, lalu di bagi 3 kemudian ditambah 4. Example: Misalkan dalam 25 detik berbunyi sebanyak 42x. Maka 42:3+4=18. Jadi suhunya adalah 18% derajat.

2. Peka Terhadap Cahaya
Jangkrik juga dapat tau kalo itu gelap atau terang tanpa melihat. Jadi biarpin gelap ia akan berkerik. Ini sudah dibuktikan pada percobaan menutup gelas yang ada jangkriknya dalam keadaan gelap.

Nah itu merupakan fakta unik tentang jangkrik. Semoga artikel diatas dapat berguna dan bermanfaat buat kalian semuanya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar