Powered By Blogger

Kamis, 20 Desember 2012

Mengapa Lorem Ipsum Sering Dipakai Pada Desain??



Sebuah toko baju online tentu saja memiliki desain sendiri. Nah, disaat menggunakan template pada suatu aplikasi yang berbasis desain, kita pasti pernah menjumpai kata lorem ipsum dolor sit amet. Mungkin kurang lebih seprti ini kata-katanya:

"Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum."

Lorem ipsum mulai diciptakan di tahun 1500, lebih dari 5 abad yang lalu. Sejak semula, lorem ipsum ini memang sengaja dirancang sebagai contoh tulisan yang biasanya digunakan untuk mengetahui tata letak dari sebuah karya cetak.

Lorem ipsum sendiri menjadi terkenal ketika Letraset sheets diluncurkan di tahun 1960. Aldus Pagemaker juga turut dalam membuat lorem ipsum menjadi terkenal ketika mereka mengeluarkan Aldus PageMaker versi Lorem Ipsum.

Tetapi apakah memang huruf ini dibuat dengan acak? Sama sekali tidak. Lorem Ipsum merupakan kalimat sebuah karya latin yang dibuat pada tahun 45 BC! Sekitar 2000 tahun yang lalu.

Tepatnya lagi Lorem Ipsum ini berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 di sebuah buku yang berjudul "de Finibus Bonorum et Malorum" (The Extremes of Good and Evil) karya Cicero.

Jadi kenapa Lorem Ipsum ini dipakai? Tulisan yang terlihat seperti tulisan acak dan tidak bisa kita baca ini digunakan untuk mengalihkan para pembaca dari membaca tulisan di contoh layout buku atau website.

Dengan memberikan suatu tulisan yang tidak bisa dibaca, orang akan menjadi lebih intens melihat layout dibandingkan dengan membaca tulisan yang ada pada layout itu tanpa harus kehilangan esensi dari layout yang dilihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar