Powered By Blogger

Minggu, 16 Desember 2012

Alasan Kenapa Anjing Suka Menggigit Tulang



Anjing dengan tubuh sehat tentu dambaan semua pemilik anjing. Terkadang, anjing kita sangat suka menggigit benda-benda disekitarnya. Apalagi yang masih berumur sekitar 4 bulan, giginya amat gatal jika tidak menggigit benda-benda. Selain itu anjing juga suka menggigit tulang, bahkan tulang mainan sekalipun. Kenapa bisa begitu?

Menurut tim pakar yang di pimpin oleh Dr Joao Munoz-Doran dari Universitas Nasional Kolombia, kebiasaan anjing dalam memakan daging dimulai sekitar delapan juta tahun yang lalu. Pada saat itu, anjing-anjing purba berkelompok untuk mencari mangsa yang jauh lebih besar.

Oleh karena kebiasaan tersebut, maka membuat turuan anjing purba, seperti serigala dan anjing modern, menjadi hiperkarnivora atau kata lainnya binatang yang 70% memakan daging.

Kesimpulan itu diperoleh setelah tim dari Munoz-Dotan menyusun sebuah 'silsilah' anjing yang menggambarkan suatu hubungan di antara lebih dari 300 spesies anjing. Mereka menemukan sejarah evolusi yang sama di antara sejumlah jenis anjing. Delapan juta tahun yang lalu banyak sekali habitat terbuka di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Persaingan mendapatkan mangsa sangatlah ketat dan kondisi ini membuat anjing-anjing purba harus berkelompok ketika mereka mencari dan mengintai mangsa.

Dari kebiasaan berburu secara berkelompok, muncul jenis anjing baru dengan bentuk kepala yang berbeda, dengan rahang yang jauh lebih kuat, dan ukuran taring yang juga lebih besar. Mereka bahkan mampu bertahan dari seleksi alam dan melanjutkan bentuk ini ke anjing generasi berikutnya.

Itulah sebabnya anjing-anjing piaraan, meski sudah tak lagi harus berburu mangsa, mereka tetap meneruskan kebiasaan memakan daging dan juga menggigit tulang. "Mereka memiliki alat untuk melakukan kebiasaan tersebut, dan mereka ingin menggunakan alat tersebut." terang Dr Munoz-Doran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar