Powered By Blogger

Rabu, 03 April 2013

Benarkah Sering Melamun Bikin Cerdas?




Orang yang memiliki pikiran kerap mengembara ada kemungkinan memiliki otak yang lebih tajam. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kerap terus menerus selalu "terganggu" ternyata memiliki "memori kerja" yang jauh lebih banyak. Dan hal itulah yang membuat mereka mampu melakukan dual hal secara bersamaan dan satu waktu.

Seorang psikolog dari University of Wisconsin-Madison, Daniel Levinson mengatakan bahwa mereka memiliki kapasitas memori kerja yang jauh lebih tinggi dilaporkan karena mereka lebih sering melaum selama mengerjakan tugas sederhana, meskipun prestasi mereka tidak meragukan.

Para partisipan ini harus menekan sebuah tombol sebagai respons dari munculnya huruf-huruf tertentu yang berada di layar atau menekan pada waktu yang tepat. Dan para peneliti juga mengecek secara rutin guna mengetahui apakah memang benar pikiran mereka sedang mengembara atau tidak. Dan di akhir dari penelitian tersebut, para ilmuwan juga mengukur kapasitas memori kerja mereka smua, yaitu dengan cara memberikan kepada mereka skor untuk kemampuan dalam hal mengingat beberapa huruf, dan juga diberikan pertanyaan matematika yang mudah.

Studi ini mengatakan bahwa sangat penting memori kerja dalam membantu otak kita untuk fokus dalam masalah-masalah yang paling sulit sekalipun. Hasil dari penelitian ini pun di publikasikan secara online di Psychological Science. Dan inilah pertama kalinya sebuah penelitian menunjukkan sebuah hubungan antara pikiran yang sering mengembara alis melamun dengan yang namanya "kecerdasan".

1 komentar: