Powered By Blogger

Minggu, 26 Agustus 2012

7 Makanan Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh


Hallo para pembaca, bagi kalian yang suka berolahraga, berarti pastinya anda memperhatikan kesehatan bukan? Ada yang suka berolahraga sepak bola dengan giat agar bisa menjadi seperti Shinji Kagawa atau menjadi bintang lainnya.

Tapitak hanya cukup berolah raga, makanan itu pun juga penting bagi anda. Ingin tahu makanan apa yang penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh anda? Simak artikel berikut.

Para ahli kesehatan dengan pendekatan holistik alami berpendapat bahwa menjaga kekebalan tubuh sebenarnya dapat dilakukan dengan memelihara dan mempertahankan kesehatan sistem pencernaan. Jika kondisi tubuh kita baik, maka penyerapan nutrisi dari setiap makanan yang akan dicerna bisa menjadi lebih mudah. Pencernaan yang sehat juga dapat membantu menetralisir racun serta melawan bakteri dan virus yang membahayakan tubuh.

Supaya sistem pencernaan tetap oke, maka kita harus melakukan beberapa cara seperti makan teratur dengan gizi yang seimbang. Salah satu cara meningkatkan gizi seimbang adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Bawang Putih

Bahan aktifnya allicin, berperan sebagai penangkal dari virus dan bakteri. Zat ini dapat membersihkan liver sehingga pada gilirannya akan membersihkan darah serta merangsang produksi sel darah putih.

2. Jahe

Tumbuhan ini mengandung zat penting yang dapat mebuat badan hangat, berkeringat, mengatasi demam, bahkan dapat menetralisir racun. Jahhe juga memicu pelepasan lendir yang efektif untuk membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan. Jahe juga dapat digunakan untuk obat sakit perut karena sifat nya yang dapat membersihkan.

3. Madu

Madu adalah cairan antibiotik alami sekaligus sebagai antiseptik. Madu juga mengandung zat pemacu kekebalan tubuh serta beragam vitamin dan mineral seperti B-kompleks, vitamin C, D, E, dan propolis. Madu juga dapat mengatasi problem tenggorokan, alergi, asma, dan masalah pernapasan lainnya berkat kemampuannya mengatasi iritasi.

4. Cayenne

Makanan yang satu ini memiliki kadar vitamin C, A, B, kalsium, dan potasium tinggi. Selain itu, cayenne juga bisa merangsang sirkulasi darah dan dikenal dapat mengobati sejumlah penyakit pencernaan.

5. Acidophilus dan bifidus

Acidophilus dan bifidus adalah bakteri baik, mikroba ini berperan menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus dan membantu untuk memperbaiki fungsi kekebalan serta merangsang produksi vitamin K. Dua jenis bakteri ini terdapat dalam yogurt atau kefir.

6. Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau gelap seperti kale, swiss chard, dan bayam mengandung vitamin B12, asam folat, potassium, vitamin A, C, dan K, yang semuanya dikenal bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Asam dan alkalin

Campuran asam atau alkalin yang seimbang diklaim mampu memperbaiki pencernaan dan membantu penyembuhan luka dalam maupun luar. Untuk mempraktikannya, anda bisa membuat minuman dari persan lemon.

Nah, sekian artikel saya mengenai 7 makanan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga dapat bermanfaat, Terima kasih telah berkunjung. Sampai Jumpa. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar