Powered By Blogger

Rabu, 18 Januari 2012

Tips Mengurangi Efek Radiasi Pada Handphone


Sebelumnya apakah Anda sudah tahu bahwa efek radiasi pada handphone sangat berbahaya pada kesehatan kita terutama pada bagian otak kita. Memang setiap bermacam-macam radiasi, ada handphone yang memiliki radiasi terendah dan tertinggi. Terendah atau tertinggi pun jangan Anda sepelekan karena banyak orang yang belum sadar akan bahayanya radiasi pada handphone.

Memang handphone sangat penting bagi semua orang terutama dalam hal berkomunikasi. Pola pikir manusia bisa dikatakan hanya mencari nikmat terlebih dahulu, masalah bahaya nanti dulu, Nah akhirnya apa yang terjadi? Masalahlah yang akan terjadi pada diri Anda sendiri. Manusia memang tidak pernah sadar jika dia belum terkena dampaknya, jika sudah terkena dampak barulah dia sadar.

Sebelum hal ini Anda yang alami, berikut ini tips mengurangi efek radiasi pada handphone Anda, sehingga Anda menggunakan handphone Anda dengan nyaman tanpa rasa takut bahaya dari radiasi tersebut:
  1. Gunakan headset atau headphone nirkabel (wireless) dengan emitor bluetooth berdaya rendah.
    Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala, namun tidak bisa mencegah risiko impotensi selama masih dikantongi di celana. Perangkat bebas genggam nirkabel, misalnya bluetooth juga masih memancarkan radiasinya sendiri meski lebih sedikit.
  2. Usahakan menjauhkan ponsel setidaknya 1 inci/2,5 cm dari tubuh Anda.
  3. Jangan terlalu sering meletakan hp dekat ginjal, jantung dan kantung celana.
    Bila ponsel melekat seharian di tubuh Anda, letakkan dengan layar menghadap ke dalam. Bila tak digunakan sebaiknya taruh di tas atau dompet.
  4. Jangan simpan ponsel di kantong baju atau celana
    Otak bukan satu-satunya organ tubuh manusia yang terpengaruh oleh radiasi ponsel. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil yang bisa dijinjng ke mana-mana. Karena, baru-baru ini ilmuwan Hongaria menyimpulkan,pria yang terlalu sering menyimpan handphone-nya di pinggang atau saku celana akan mengalami masalah kesuburan. Juga bebarapa penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita.
  5. Bila memungkinkan, gunakan ponsel dalam kondisi sinyal terkuat.
    Semakin lemah sinyal, semakin banyak frekuensi radio yang digunakan agar bisa terhubung.
  6. Kirim SMS saja ketimbang menelepon bila memungkinkan.
    Radiasi SMS lebih rendah ketimbang berbicara. Mengirim SMS juga menjauhkan radiasi dari kepala Anda.
  7. Jangan simpan ponsel di bawah bantal
    Meski sedang tidak digunakan, ponsel dalam posisi stand by (tetap menyala) masih memancarkan radiasi agar selalu terhubung dengan jaringannya. Meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur akan mendekatkannya dengan kepala sehingga otak akan terpapar radiasi sepanjang malam.
  8. Jauhkan ponsel dari bayi dan jauh dari perut jika Anda tengah hamil.
    Otak janin dan bayi paling rentan terhadap radiasi.
  9.  Kurangi atau jauhkan pemakaian untuk anak-anak.
  10. Gunakan hp yang radiasinya dibawah level kelayakan
  11. Gunakan casing (tutup) antiradiasi
  12. Kurangi menelpon menggunakan HP dalam gedung

     Walau demikian, tak perlu kita merasa cemas secara berlebihan. Radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel, daya rusaknya tidak sebesar radiasi yang ditimbulkan oleh radioaktif. Tapi, perlu kita pertimbangkan juga bahwa sekecil apapun efek yang kita terima, kalau mengenai secara terus menerus, akan mengakibatkan gangguan yang dahsyat juga nantinya.






     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar